Wednesday, April 2, 2014

neraca akuntansi sektor publik atau dalam pemerintahan dan contohnya

sebelumnya kita melihat pengertian dan penjelasan antara akuntansi pemerintahan dan akuntansi swasta atau umum dibawah ini :
Neraca dalam pemerintahan adalah merupakan laporan yang menyajikan posisi keuangan pemerintah pada tanggal tertentu. Basis akrual untuk Neraca berarti bahwa aset, kewajiban, dan ekuitas diakui dan dicatat pada saat terjadinya transaksi, atau pada saat kejadian atau kondisi lingkungan berpengaruh pada keuangan pemerintah, tanpa memperhatikan saat kas atau setara kas diterima atau dibayar.
gambar bagan akuntansi neraca pemerintahan:

sedangkan di dalam pengertian umum neraca adalah  (Balance sheet) merupakan laporan keuangan yang mencakup asset, kewajiban (liability), dan modal (Equity/Ekuitas). Neraca Keuangan membantu pihak manajemen maupun shareholder dalam melihat posisi struktur keuangan baik dari segi permodalan, kewajiban-kewajiban perusahaan, ataupun asset yang dimiliki. Neraca keuangan terdiri dari 2 kolom, di sebelah kiri merupakan kolom asset, dan di sebelah kanan adalah kewajiban (liability) dan Modal (equity).
Asset (Aktiva) = Liability + Equity (Passiva) lihat defenisi Neraca selengkapnya
contoh bagan neraca umum konvensional
Unsur yang dicakup oleh neraca  pemerintahan terdiri dari aset, kewajiban, dan ekuitas. Masing-masing unsur dapat dijelaskan sebagai berikut :
a. Aset adalah sumber daya ekonomi yang dikuasai dan/atau dimiliki oleh pemerintah sebagai akibat dari peristiwa masa lalu dan dari mana manfaat
ekonomi dan/atau sosial di masa depan diharapkan dapat diperoleh, baik oleh pemerintah maupun masyarakat, serta dapat diukur dalam satua uang, termasuk sumber daya nonkeuangan yang diperlukan untuk penyediaan jasa bagi masyarakat umum dan sumber-sumber daya yang dipelihara karena alasan sejarah dan budaya.
b.Kewajiban adalah utang yang timbul dari peristiwa masa lalu yang penyelesaiannya mengakibatkan aliran keluar sumber daya ekonomi pemerintah.
c. Ekuitas adalah kekayaan bersih pemerintah yang merupakan selisih antara aset dan kewajiban pemerintah
bacaca juga : laporan realisasi anggaran akuntansi sektor publik LRA
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : neraca akuntansi sektor publik atau dalam pemerintahan dan contohnya

0 comments:

Post a Comment