Tuesday, August 12, 2014

bahasa bataknya terima kasih kembali

Disini kita akan membahas pengertian atatu terjemahan dari bahasa bataknya terima kasih dalam bahasa batak simalungun dan toba.  terimakasih ( indonesia) transletenya dalam bahasa Toba ialah mauliate dan simalungun adalah makasih atau bisa juga tarima kasih . dalam kata simalungun dan indonesia hampir sama aja yah bedanya cuman huruf a sama e doank. ha,ha,ahh  gampang kan broo. makanya jika kamu ingin belajar bahasa batak sama saya aja bro, gampang kok tinggal diskusikan saja berapa harganya.

Penggunaanya dalam kalimat yang dilakukan oleh 2 orang nama yang pertama SI A dan pembicara ke-2 si B (bahasa indonesia-batak simalungun) :

A. : Kamu punya Pulpen Bang B, pinjam lah besok aku kembaliin sama kamu satu malam aja saya pinjam untuk mengerjakan tugas rumah saya mata pelajaran Akuntansi ( dong pulpenmu bang B, pinjam dobei patar hupaulak bam lau makkorjahon PR hu ahhu bidang study akuntansi.)
B. : Ada tiga pulpenku satu warna merah, satu warna biru, satu warna hitam . Pilih yang mana sama kamu karena kamu pacarku yang aku sayangi aku pasti mengasih sama kamu tapi satu aja kamu pinjam ya, karena dua nanti malam aku pakai  ( dong do, dong tolu pulpenhu sada warna merah,sada warna balau, sada warna birong. pilih na ija na bam, hubere do bam halani ho kan tunanganku, tapi sada do na hubere bam ipinjam ho halani bodari hupakei do dua )
A. : Yang warna hitam lah samaku ya, aku ambil ya bang, besok aku kasih samamu jam dua belas siang. ( na warna hitam ma bakku bang, hubuat da bang, pata hu bere bani abang jam sapuluh dua siang )
B. : OKE ( alo )
A. : terima kasih banyak ya bang dahuulu atas bantuanya ( tarima kasih banggal da bang parlobei hu huhatahon atas bantuanni)
B. : sama-sama terima kasih kembali sayang pacarku ( sama2 tarima kasih homa sayang halletku)
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : bahasa bataknya terima kasih kembali

0 comments:

Post a Comment